MEDIASI PARA PEKERJA PT.ERA REKA AKTIF DEADLOCK

FBTPI,JAKARTA . Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI)-KPBI melakukan sidang mediasi di salah satu anggota basis. Mediasi dilakukan di PT. Elastis Reka  Aktif dimana terdapat Serikat Buruh Aneka Industri (SBAI)-FBTPI. Pabrik yang berlokasi di Jalan Kapuk Raya, no 88e,  Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara itu telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK ).

PHK dilakukan sejak bulan Juli 2019. Tindakan PHK sepihak oleh perusahaan ini dikenakan kepada para pekerja yang  mendirikan serikat dan terkait dengan masalah pembayaran upah. Dalam mediasi di Sudinaker Jakarta Utara, Bapak H. Suradin bertindak sebagai mediator, para pekerja diwakili oleh tim advokasi FBTPI, sedangkan pihak perusahaan mengutus pengacara.Dalam sidang mediasi tersebut, Tim advokasi FBTPI menyampaikan masalah  tuntutan kekurangan upah. Atas masalah ini pihak managemen PT. Era Reka Aktif belum menyampaikan draf kekurangan upah kepada 19 pekerja. Tim advokasi FTPBI juga menuntut  dipekerjakannya kembali pekerja yang di-PHK, serta diaktifkannya kembali BPJS.

Atas tuntutan tersebut, pihak pengacara yang mewakili perusahaan mengatakan,”Saya meminta waktu dua minggu untuk mempelajarinya. Jika berkenan saya mengikuti pihak mediator.”

Dalam kesempatan ini, Hari Setiadi, mewakili tim advokasi FBTPI menimpali,”Kami merasa keberatan,  karena sudah lama kami memohon penyelesaian masalah ini”.Zainal Abidin, masih dari tim advokasi FBTPI menambahkan,”Kami merasa keberatan, disini juga kami akan mengklarifikasi soal BPJS yang diputus. Dimana ini merupakan hak pekerja sesuai dengan Undang-Undang BPJS.”

Mediasi akhirnya mengalami deadlock. Tidak ada titik temu dari masing-masing pihak. Forum mediasi  selanjutnya memutuskan untuk menjadwalkan pertemuan lanjutan dua minggu kedepan.red mar

 

Mungkin Anda Menyukai