AKSI PENYERANGAN DI DEPAN PT. ELIT PERMAI METAL WORK .LTD SAAT PARA BURUH ORASI DEMONTRASI

Situasi Tenda Juang BURUH pt.Elit Permai Metal Works.Jakarta Utara
Situasi Tenda Juang Buruh PT.Elit Permai Metal Works.Jakarta Utara

Buruh PT. Elit Permai Metal Work .Ltd yang beralamat di Jl.Kapuk Raya No.44a Penjaringan Jakarta Utara. Di tengah situasi kawan-kawan buruh yang sedang berjuang Menolak Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK ) sepihak, hingga hari ini ke-44 terus melakukan pendirian tenda juang di depan perusahaan karena sampai saat ini pihak manajemen perusahaan belum menyelesaikan walaupun Nota Penetapan sudah di keluarkan Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Dan Energi Jakarta Utara pada senin 5 April 2021 yang lalu.

Dalam  demontrasi tersebut di isi dengan apel sore sekitar pukul 16.00 wib dilakukan dengan tertib dan diisi dengan lagu perjuangan serta orasi-orasi politik,dimana saat apel sore terjadi penyerangan sambil membawa sajam kepada peserta demontrasi yang diduga salah seorang pelaku berinisial (R) warga sekitar.

Agus, ketua komisariat SBAI-FBTPI Elit Permai Metal Work.Ltd, mengatakan 2 orang warga mendatangi tenda juang sebelum terjadi mengacungkan senjata dia malakukan pemukulan dengan membawa senjata tajam dan dugaan berusaha melakukan upaya pembunuhan terhadap peserta mogok.Hari itu (Selasa, 6/4/2021) mereka berupaya memprovokasi kami di tengah lagi memperjuangankan hak kami,seharusnya mereka sadar bahwa yang kami lakukan ini demi anak istri.

 ‘’saya berharap pihak kepolisian sektor penjaringan menindak tegas pelaku tersebut”ujarnya. (Selasa, 6/4/2021).

 Dalam permasalahan ini, Agus juga meminta dukungan solidaritas dari rekan-rekan buruh dan organisasi sekawan .

Sementata itu, Ari selaku ketua Dewan Pimpinan Cabang FBTPI Jakarta Barat,mengungkapkan bahwa dalam permasalahan ini kami sudah melaporkan ke Polsek Penjaringan Jakarta Utara.

Pak Salimi peserta demontrasi saat apel terkena pukul pada bagian tubuh (tulang rusuk sebelah kiri)oleh pelaku, “Untuk diketahui bahwa pada saat penyerangan terjadi, terdapat aparat kepolisian yang berada dilokasi kejadian, namun bukannya melakukan tindakan pengamanan kepada pelaku justru aparat kepolisian terkesan abai dan membiarkan hal itu terjadi”. ungkap Ari pada saat dilokasi kejadian. (Selasa, 6/4/2021).

Sementara itu, pihak kepolisian polsek penjaringan meminta rekan buruh yang masih berada di tenda juang agar mengosongan tenda,’’pihak polisi yang seharusnya mengayomi,menjaga,melindungi dan mengamankan,

Demontrasi diatur dalam konstitusi Menyampaikan pendapat di muka umum merupakan salah satu hak asasi manusia yang dijamin dalam Pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi  “Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya’’ serta kegiatan kami sudah ada pemberitahuan sebelumnya’’ujar Ari  saat dihubungi, Selasa (6/4/2021) malam.

 

Mungkin Anda Menyukai