Sopir Tangki BBM di 11 Daerah Siap Mogok Nasional

JAKARTA — Awak mobil tangki yang tergabung dalam Federasi Buruh Transportasi Perjuangan Indonesia (FPBTI) akan menggelar mogok nasional di 11 daerah pada 19-26 Juni 2017. Aksi itu sebagai bentuk protes atas banyaknya pelanggaran UU Ketenagakerjaan yang dilakukan PT Pertamina Patra Niaga kepada AMT BBM.

AMT yang mogok yakni PT.Pertamina Patra Niaga Depot Plumpang (Jakarta), Depot Ujung Berung, Depot Padalarang, Depot Tegal, Depot Banyuwangi, Depot Surabaya, Depot Tasik, Depot Merak dan Depot Lampung. Selain itu juga ditambah dengan wilayah kerja PT.Elnusa Petrofin Depot Makasar dan Depot Jambi.

Ketua Umum DPP FBTPI, Ilham Syah, mengatakan, resiko kerja yang dihadapi AMT cukup berbahaya akan tetapi itu semua tak sebanding dengan kesejahteraan yang didapat. PT Pertamina Patra Niaga maupun PT Elnusa Petrofin melalui vendor yang direkrutnya memberlakukan sistem kerja kontrak terhadap AMT. Akibatnya, AMT sewaktu-waktu bisa di-PHK sepihak tanpa kompensasi. Hal itu seperti yang dialami 350 AMT yang di-PHK sepihak akhir Mei lalu meski telah bekerja bertahun-tahun.

Penerapan sistem kerja kontrak juga mengakibatkan pekerja tidak mendapatkan hak cuti tahunan dan hak atas penetepan upah berkala. “Sebab setiap tahun kontrak AMT itu diputus dan wajib menandatangani kontrak baru. Artinya masa kerja hanya dihitung satu tahun, meski kenyataannya bekerja bertahun-tahun,” kata Ilham Syah dalam siaran persnya, Senin 12 Juni 2017.

Sekretaris Jenderal FBTPI, Didik Noryanto, mengatakan, pihaknya telah meminta perundingan bipartit dengan PT Pertamina Patra Niaga namun selalu buntu. Perusahaan tersebut menolak karena AMT dianggap tak memiliki hubungan kerja dengan Pertamina Patra Niaga. “Padahal sudah ada Nota Pemeriksaan dari Sudinakertrans Jakarta Utara AMT Depot Plumpang memiliki hubungan hukum dengan PT.Pertamina Patra Niaga,” kata Didik.

Kondisi yang sama terjadi di PT Elnusa Petrofin, anak perusahaan PT Elnusa Tbk, yang juga belum memenuhi tuntutan kru AMT di Makassar.

AFIK IRWANTO

 

Bagikan :

Mungkin Anda Menyukai

X

Pin It on Pinterest

X