Jalan Baru Bagi Seluruh Rakyat Tertindas Indonesia!

Atas situasi itulah, perlawanan lahir. Kekuatan massa menjadi bukti bagi harapan mengganti dunia yang sudah lapuk ini dengan dunia baru tanpa kemerosotan hidup. Kepercayaan pada kekuatan rakyat harus diperbesar, paling sederhana kepada aksi pemuda mahasiswa yang terus bergulir. Aksi-aksi di berbagai kota ini memaksa pemerintah menunda pengesahan beberapa RUU yang bermasalah. Ini adalah kemenangan kecil bagi perlawanan dan kekuatan massa. Bila kita mencoba untuk mengumpulkan ingatan kita, bukti-bukti lain tentang kemenangan kecil muncul dari perlawanan massa dengan didukung organisasi yang kuat.

Bila kita belajar dari gerakan lain, bagaimana gerakan mahasiswa akan berlanjut dan mencapai kemenangan-kemenangan adalah persatuannya dengan seluruh lapisan rakyat termasuk buruh dan tani. Contoh paling umum, gerakan Mahasiswa Chile pada tahun 2011. Aspirasi mahasiswa disambut baik oleh seluruh lapisan rakyat atas tuntutan akses pendidikan. Kepercayaan diri dari rakyat semakin membesar dan itu menambah energi positif bagi kaum muda.

Situasi hari ini terus memberikan syarat-syarat baru untuk semakin menambah pembesaran kekuatan massa dan perlawanan terhadap RUU yang tidak menguntungkan rakyat. Tidak hanya mahasiswa, perlawanan juga dilakukan oleh buruh dan petani. Lapisan yang merupakan mayoritas rakyat Indonesia. Selain itu, yang cukup baik adalah ada pelajar yang turut serta dalam aksi tersebut. Seluruh lapisan rakyat hari ini terancam kehidupan berdemokrasi dan kesejahteraannya. Maka seluruh lapisan rakyat berkepentingan dalam membangun persatuan antara buruh, tani, mahasiswa, dan seluruh lapisan tertindas lainnya. Semakin besar energi perlawanan, maka semakin sekaratlah kapitalisme monopoli berserta kaki tangannya yang berkuasa hari ini. Percaya akan kekuatan massa adalah salah satu langkah awal untuk menggapai fajar dunia baru.

Kelas buruh dan kaum tani harus terus mendukung perjuangan yang sedang muncul. Sebaliknya kalangan muda sebagai generasi baru harus bergabung dan merangkul seluruh kalangan rakyat. Semua itu membutuhkan kepercayaan bahwa kekuatan massa yang paling utama. Bukan berharap pada kekuatan elit maupun borjuis. Syarat-syarat umum yang tengah terjadi hari ini adalah langkah dalam menggapai dunia baru diatas kesetaraan, kesejahteraan dan keadilan. Rakyat tidak perlu berharap lagi kepada elit borjuis, tapi percaya pada kekuatannya sendiri.red MAR

Mungkin Anda Menyukai