SERBUK dan Pekerja Pulp Dukung AMT Mogok

JAKARTA — Federasi Serikat Buruh Kerakyatan (SERBUK) dan Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (F2PPKI) mendukung rencana mogok kerja yang akan dilakukan awak mobil tangki (AMT) Pertamina di 11 daerah pada 19-26 Juni mendatang.

Komite Eksekutif SERBUK Indonesia, menyerukan kepada anggotanya agar terlibat aktif dalam konsolidasi rapat persiapan dan ikut mengkampanyekan rencana mogok ke publik.

“Awak Mobil Tangki merupakan ujung tombak yang memastikan pasokan distribusi BBM ke seluruh pelosok negeri, tetapi mereka berada dalam kondisi kerja yang buruk,” ungkap Subono, Sekjen Federasi SERBUK dikutip dari serbukindonesia.com, Selasa 13 Juni 2017.

Subono menjelaskan bahwa instruksi tersebut sangat penting dan mendesak sebagai bentuk solidaritas sesama buruh di bawah KPBI. Apabila Pertamina tetap abai dengan tuntutan buruh untuk membatalkan PHK, perubahan status PKWTT serta upah lembur serta berbagai hak normatif lainnya, maka dipastikan distribusi BBM menjelang mudik lebaran akan terganggu.

Sementara, FSP2KI menyatakan prihatin terhadap perlakuaan buruk perusahaan vendor Pertamina kepada pekerja AMT. Padahal selama bertahun-tahun, Pertamina terus mendapatkan laba dari setiap usahanya.

Pada kuartal III 2016, Pertamina mencatat laba bersih yang meningkat 209 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 41,7 triliun. Laba yang dihasilkan oleh pertamina mengalahkan laba perusahaan raksasa minyak dunia seperti Chevron maupun Shell.

FSP2KI pun menghimbau kepada semua anggotanya untuk turut bersatu memberikan solidaritas kepada AMT yang akan mogok di Sumatera, Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta dan Sulawesi.

AFIK IRWANTO

Bagikan :

Mungkin Anda Menyukai

Pin It on Pinterest