Zombi Bergerak Dari Bandung

 

Bandung – Puluhan orang berdandan ala zombi siang ini Jum`at, 13 Oktober 2017, tepat pukul 13.00 Wib melakukan unjuk rasa di depan Gedung Sate Bandung. Setelah itu sekitar pukul 15.20 Wib bergerak melakukan long march menuju ke Istana Negara Jakarta. Aksi long march para buruh awak mobil tangki ( AMT ) Pertamina tersebut mengambil tema “Gugat Negara, Selamatkan BUMN”. 

Mereka bergerak dengan membawa atribut bendera dan poster tuntutan diantaranya menuntut agar diangkat menjadi karyawan tetap di anak perusahaan Pertamina yakni Pertamina Patra Niaga dan juga Elnusa. Ini sesuai dengan hasil pemeriksaan oleh pengawas ketenagakerjaan di Dinas Tenaga Kerja. Dalam nota pemeriksaan yang dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur dan juga Nota Khusus dari Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Utara dinyatakan bahwa akibat tidak terpenuhinya syarat norma dalam penyerahan sebagian pekerjaan kepada perusahaan pemborong pekerjaan maka hubungan kerja AMT Pertamina dari perusahaan pemborong pekerjaan (vendor outsourching) harus beralih kepada pemberi kerja yakni PT. Pertamina Patra Niaga dan juga PT. Elnusa untuk wilayah makasar.

Selain itu, dalam nota penetapan yang juga sudah dikeluarkan oleh Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Utara bahwa telah terjadi pelanggaran tidak dibayarkannya upah lembur selama bertahun-tahun kepada para AMT. Sehingga PT. Pertamina Patra Niaga dan PT. Elnusa wajib membayar rapelan upah lembur para AMT tersebut.

Para pekerja yang rata-rata telah bekerja lebih dari 12 jam setiap hari untuk mengirimkan BBM dan Gas ke setiap SPBU di seluruh Indonesia ini juga mengeluhkan persoalan tidak terjaminnya keselamatan mereka di jalan. Seringkali para buruh tersebut mengalami kecelakaan kerja selama perjalanan karena berbagai faktor. Ada yang mobilnya terguling dan masuk ke dasar jurang, ada yang terbakar, ada yang menabrak warung dan rumah warga, dan lain-lain. Menurut Nuratmo, salah satu AMT Pertamina depot Plumpang Jakarta, “ kita bekerja lebih dari 12 jam sehari bahkan bisa mencapai 18 jam sehari secara terus menerus, dan kami tidak mendapatkan upah lembur”. Waktu kerja yang panjang dinilai sebagai faktor utama banyaknya kecelakaan kerja yang menimpa AMT tersebut. “ Sudah banyak AMT yang meregang nyawa di jalan akibat jam kerja yang panjang itu”, tutur nuratmo.

Gallyta Nur Bawoel, Koordinator Advokasi dari Federasi Buruh Transportasi (FBTPI) yang menjadi organisasi tempat para buruh AMT bernaung, menyampaikan bahwa semua pemeriksaan oleh pengawas dan keterangan resmi yang dikeluarkan oleh dinas tenaga kerja setempat telah menunjukkan bahwa perusahaan melakukan pelanggaran dan wajib untuk memenuhi hak-hak para pekerjanya, namun bukannya patuh kepada hukum yang berlaku, justru anak perusahaan BUMN itu melakukan PHK massal terhadap sekitar 1056 pekerjanya yang menuntut penegakan hukum dilingkungan BUMN itu. “ Semua pemeriksaan oleh dinas dan semua keterangan resmi sudah membuktikan. Tapi mereka justru melakukan PHK massal. PT. PPN dan PT. Elnusa tidak patuh hukum dan Pertamina lepas tangan”.

Senada, Ilhamsyah ketua umum Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) meminta kepada Jokowi selaku presiden yang memiliki kewenangan terhadap BUMN agar segera mengambil tindakan tegas untuk menyelesaikan kasus ini. Menurutnya, banyak persoalan yang terus berlarut dalam tubuh BUMN. “ Demi menyelamatkan BUMN, maka Presiden Jokowi harus bertanggung jawab dan hadir untuk menyelesaikan persoalan awak mobil tangki ini. Jangan hanya mengurus untung ruginya saja, tapi nasib pekerja di BUMN tidak diperhatikan”. Menyelamatkan BUMN bukan dengan cara menjual BUMN nya, tapi dengan membersihkan korupsinya dan meningkatkan kesejahteraan pekerjanya”.

Long march para Zombi ini diperkirakan akan memakan waktu selama kurang lebih 8 hari perjalanan. Mereka mendapatkan dukungan yang luar biasa dari berbagai organisasi dan lapisan masyarakat. Organisasi-organisasi yang memberikan dukungan tersebut ada yang berasal dari serikat buruh, organisasi mahasiswa dan pelajar, lembaga bantuan hukum dan lain-lain.

Pembukaan aksi longmarch ini tampak di kawal ketat oleh pihak kepolisian setempat. Dan arus lalu lintas tampak lancar.(AI)

 

 

 

 

Mungkin Anda Menyukai