STKBM PELABUHAN DEKLARASI BERAFILIASI DENGAN FBTPI

FBTPI, JAKARTA 27 Agustus 2019. Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI) adalah Federasi Buruh anggota Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI). Di tingkat internasional organisasi ini berafiliasi  kepada Federasi Pekerja Transportasi Internasional (ITF). Bergabungnya FBTPI secara internasional akan menambah kuat hubungan antar buruh lintas negara. Apalagi sektor pelabuhan dan transportasi merupakan sektor yang sangat vital karena menjadi jantung ekspor-impor antar negara .

Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia adalah merupakan induk dari berbagai serikat buruh sektoral diantaranya, pelabuhan, pergudangan, transportasi dan aneka industri ,jl lorong 20 koja jakarta utara. Pada selasa 27 Agustus 2019 di Warung Kepo Jakarta utara, mengadakan agenda Deklarasi Afiliasi Serikat Tenaga Kerja Bongkar Muat ( STKBM ) Pelabuhan ke dalam FBTPI. Dalam acara tersebut hadir para anggota dari STKBM, juga hadir dari perwakilan federasi buruh /pekerja. Tak luput perwakilan dari International Transport Federation (ITF) Mr.Jagat Bandara turut hadir. Acara yang berlangsung meriah dan penuh semangat tersebut juga diisi dengan pemutaran film yang bercerita tentang lika-liku kehidupan para buruh/pekerja bongkar muat  dan keluarganya.

Nurtakim Ketua umum STKBM “Berangkat dari kita rapat kerja yang diselenggarakan bulan kemarin, menemui kesepakatan kita akan bergabung dengan FBTPI, dan akhirnya hari ini kita melakukan deklarasi. Tentu kedepan akan banyak hal yang harus kita selaraskan antara STKBM dan FBTPI supaya bisa menjalankan tugas-tugas dengan baik”,ujarnya.

Serikat Tenaga Kerja Bongkar Muat ( STKBM ) berdiri 22 Desember 2017 di dasari dengan keinginan para anggota jadi secara komposisi keanggotaannya pendidikan kawan – kawan STKBM  85% pendidikannya SMP, 10 %, 5% itu kuliah. Situasi kerja yang sangat memberatkan parah buruh bongkar muat ditengah akan adanya revisi undang-undang ketenagakerjaan yang pada akhirnya menuntut berjuang bersama dalam meraih perubahan kesejahteraan.

Bapak Rosadi  anggota STKBM mengatakan ”mudah-mudahan buat kedepannya banyak perubahan dan pemahaman tentang hak pekerja, kita masih belom tau pak tentang aksi-aksi pak semoga kita kedepapan bisa aksi pak.ungkapnya.

Abdul Rosid ketua umum FBTPI dalam sambutan acara deklarasi “terima kasih kepada kita semua atas terselenggaranya agenda afiliasi STKBM hari ini, kawan – kawan STKBM menyatakan menjadi keluarga besar FBTPI-KPBI. Kepada kawan -kawan sekalian rasa percaya diri kita harus semakin tumbuh, mulai dari SBTPI menjadi FBTPI dan KPBI. ini tak lepas dari hasil kerja keras kawan Ilhamsyah dan kawan-kawan lainnya. Kita harus bergotong royong bila kawan- kawan disakiti itu adalah sakit kita semua.”

Hal yang sama juga di sampaikan Ilhamsyah Ketua umum KPBI “ afiliasi ini suatu hal yang membahagiakan ditengah situasi gerakan saat ini yang kerap dirundung perpecahan. STKBM ini kita sudah lama saling kenal. dulu saat reformasi salah satu anggotanya adalah SBTPI, pernah ada satu sejarah besar di Tanjung Priok -Jakarta utara. Pada tahun 2000 pernah terjadi pemogokan di Tanjung Priok. Itu tak lepas dari peran kawan kawan STKBM. Ketika kita melihat film yang kita tonton bersama tadi terlihat nasib kawan-kawan TKBM tak jauh berbeda dengan kawan-kawan sopir di sektor transportasi. Secara umum nasib kita sama adalah orang-orang yang dimiskinkan dan diperlakukan tidak adil. Selebihnya adalah bagaimana kedepan kita bisa membangun konsolidasi dengan buruh/ pekerja daeri pelabuhan lainnya. Yakinlah bahwa kesejahteraan buruh Tanjung Priok bisa kita rebut.” Demikian sambutan Ilhamsyah dengan penuh semangat.

Mr. Jagat Bandara perwakilan dari Internasional Transport Federation ( ITF ) mengutarakan “untuk kawan- kawan  TKBM,  kawan-kawan adalah pekerja pelabuhan. Saat ini pekerjaan yang di lakukan TKBM adalah pekerjaan pelabuhan. Saat ada beberapa kapal kawan-kawan di minta untuk melepaskan tali dan ini tidak benar. Saya juga mengingatkan kepada kawan- kawan untuk memperhatikan k3 (kesehatan dan keselamatan kerja). ITF akan memberikan dukungan kepada kawan -kawan semua untuk melawan majikan/pengusaha yang dzolim. Yang kami minta hanyalah derajat hidup yang lebih baik untuk buruh, kehidupan yang baik dan kesejahteraan untuk buruh.”

Setelah ini STKBM akan mengikuti program kerja FBTPI yang sudah di agendakan dalam rapat kerja nasional. Banyaknya ucapan selamat dan dukungan dari organisasi gerakan atau serikat buruh lainnya menjadi pemacau semangat bagi gerakan buruh terutama sektor pelabuhan untuk terus maju dan berkembang. Dan dengan berafiliasinya STKBM ini akan semakin memperluas dan mempersatukan gerakan buruh dalam perjuangan bersama-sama untuk meraih kesejahteraan yang lebih baik. (Mar)

 

Mungkin Anda Menyukai