Hari Kedua Sopir PT Berlian Berunjuk Rasa

SURABAYA — Puluhan sopir yang tergabung dalam SBTPI-FBTPI PT. Berlian Anugerah Transportasi kembali berunjuk rasa di depan kantor mereka, Jl Perak Timur 110 Surabaya, Selasa 30 Mei 2017. Mereka kembali menuntut agar perusahaan memenuhi seluruh hak-hak normatif buruh.

Para sopir mendatangi kantor sekitar pukul 10.00. Mereka membentangkan poster dan berorasi menuntut hak-hak mereka. Massa memilih tetap berunjuk rasa setelah perundingan dengan perusahaan kemarin siang tidak membuahkan hasil. Perusahaan hanya mengembalikan uang jaminan yang selama ini dipungut Rp 50 ribu setiap kali sopir bekerja.

Para sopir sendiri mengajukan sejumlah tuntutan yakni agar perusahaan mempekerjakan kembali semua sopir, memberikan kenaikan upah borongan, membayarkan upah sesuai UMK, memberikan upah lembur, mendaftarkan sebagai peserta BPJS, dan memberikan THR sesuai peraturan.

sopir selama ini kerap tidak menerima kesejahteraan karena hanya dianggap sebagai mitra kerja. Padahal Sesuai dengan UU Ketenagakerjaan pasal 1 ayat 15, sopir merupakan buruh/pekerja di suatu perusahaan yang memenuhi syarat adanya upah, kerja, dan perintah.

AFIK IRWANTO

 

Bagikan :

Mungkin Anda Menyukai

Pin It on Pinterest