Buah Perjuangan, Sopir PT BAT Naik Upah

SURABAYA — Memang tak ada perjuangan yang sia-sia. Begitulah yang dirasakan buruh PT Berlian Anugerah Transportasi Surabaya. Setelah beberapa kali berunjuk rasa, akhirnya perusahaan mau memenuhi sebagian tuntutan mereka.

Ketua Pengurus Komisariat SBTPI-FBTPI PT Berlian Anugerah Transportasi, Eko Kusdianto, mengatakan, perusahaan bersedia memenuhi 3 dari 8 tuntutan yang diajukan buruh. Antara lain, didaftarkan sebagai peserta BPJS, kenaikan upah borongan tiap sektor dan tunjangan hari raya. “Upah borongan naik antara Rp 30 ribu sampai Rp 60 ribu,” kata Eko, Minggu 11 Juni 2017.

Selain unjuk rasa, buruh terlibat dua kali perundingan dengan perusahaan sebelum mencapai hasil tersebut. Menurut Eko, kunci kemenangan itu adalah kekompakan dan semangat para sopir yang tergabung dalam serikat. Meski belum semua tuntutan terpenuhi, namun keberhasilan tersebut menambah semangat para sopir untuk terus berjuang.

Berikutnya, para buruh bersama serikat akan tetap memperjuangkan hak-hak normatif lainnya yang belum dipenuhi, salah satunya status kerja. Menurut Eko, PK SBPTI-FBTPI tetap meminta pengangkatan sebagai karyawan karena sopir telah bekerja lebih dari 3 tahun. Apalagi, pihak perusahaan menyampaikan akan ada peralihan ke perusahaan lain. “Ini tantangan baru yang harus dihadapi dan diperjuangkan,” Eko menambahkan.

Toha salah satu sopir, mengatakan, ia harus banyak bersabar dan berkorban saat memperjuangkan hak-hak sebagai pekerja. “Kawan-kawan harus yakin dan solid dalam barisan,” ucap toha yang juga anggota PK SBTPI-FBTPI PT. BAT.

MOCH IMAM MUZAQQI

Bagikan :

Mungkin Anda Menyukai

Pin It on Pinterest